ABSTRACT
Pendidikan islam
merupakan sistem pendidikan yang memelihara dan mengembangkan seluruh fitrah
manusia, maka diupayakan agar terbentuk generasi yang berakal cerdas, berhati
ikhlas, dan jasmani yang sehat, pendidikan ini merupakan salah satu terobosan
yang mengagumkan sebagai sarana pendidikan yang sangat manyoritas salah satunya
pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al- Islamiyah Grojogan Bantul.
Telah dijumpai bahwa di
madrasah Ibtidaiyah Al- Islamiyah banyak terdapat kekurangan dalam segi
pengolahan datanya. Maka beberapa hambatan yang ada pada lembaga pendidikan ini
yaitu : pencarian, pengolahan, dan pemanfaatan data, baik data guru, data
siswa, dan data petugas, membantu guru dalam mengelolah rekapitulasi data
sekolah secara komputerisasi yang baik.
Bahan yang digunakan di
dalam penelitian ini berupa data master
siswa/i dan data pendukung. Data master adalah data siswa, data guru, dan data
pegawai,
sedangkan data pendukung antara
lain data nilai, infentaris, dan pembayaran di Madrasah Ibtidaiyah Al-
Islamiyah, data tersebut diperoleh dari sekolah. Alat yang digunakan di dalam
penelitian ini adalah menggunakan bahasa pemrograman JAVA, MySQL untuk
pengelolaan basis data, dan UML untuk
perancangan sistem.
Pengguna yang dapat
mengelola aplikasi ini yaitu guru dan pegawai, dimana proses aplikasi ini hanya
mampu mengelola data guru,pegawai dan siswa dengan hasil pilihan yang tersedia
pada aplikasi ini untuk mendapatkan laporan hasil belajar, perkembangan
infentaris sekolah, dan pembayaran.
Komentar